Kegiatan Edutainment Untuk Pencegahan HIV/IMS Bagi Kelompok Waria di Kab. Simalungun

Situasi epidemi HIV di komunitas Gay, Waria, dan Lelaki yang berhubungan seks dengan Lelaki lainnya (GWL) masih menjadi perhatian, disebabkan karena angka prevalensi HIV di kelompok ini terus meningkat. Melihat fakta tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa komunitas GWL masih membutuhkan akses layanan kesehatan agar dapat menekan laju pertumbuhan epidemi IMS, HIV dan AIDS dikalangan mereka. Memanfaatkan momentum edutainment sebagai salah satu strategi untuk melakukan promosi dan sosialisasi tempat layanan kesehatan secara umum agar dapat diakses oleh setiap orang khususnya GWL dan pasangannya.

Disamping itu juga diharapkan momentum edutainment dapat menjadi upaya untuk mereduksi stigma dan diskriminasi terhadap komunitas GWL yang ODHA.

Yayasan CARITAS PSE bekerja sama dengan PKNI untuk melakukan kegiatan ini. Maka pada tanggal 23 februari 2017 dilakukan kegiatan Edutaiment di kabupaten Simalungun yang diikuti oleh lebih dari 30 perwakilan stockholder transgender.


Dalam Acara Edutaiment TG ini ada dua Narasumber yang diundang yaitu Dr. Jhon Saragih, dokter yang bertugas di RSUD Perdagangan Kabupaten Simalungun dengan materi yang disampaikan adalah “Seputar HIV-AIDS dan IMS (Infeksi Menular Seksual)”, Narasumber kedua adalah Serubabel Saragih,SKM yang menjabat sebagai Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, menyampaikan materi “Membangun Kebersamaan Dalam Upaya Penanggulangan HIV-AIDS”

Dari kegiatan ini diharapkan tersosialisasikannya informasi yang benar tentang HIV dan AIDS pada pengunjung, tersosialisasikannya informasi tentang SOGIEB, terlaksananya kegiaan mobile clinic, pemeriksaan IMS dan VCT