Peran Keluarga Dalam Pemulihan Korban NAPZA

Pada hari Sabtu, 13 April 2019 Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Caritas PSE KAM mengadakan kegiatan Family Support Group (FSG). Kegiatan yang rutin diadakan setiap dua kali setahun ini mengangkat tema “Peran Keluarga Dalam Pemulihan”. Kegiatan ini dilaksanankan di Aula kantor Yayasan Caritas PSE KAM di jalan Sei Asahan No. 42 Medan.

 

Tujuan dari kegiatan ini selain memfasilitasi residen bertemu dengan keluarganya adalah untuk meningkatkan motivasi dan semangat para Residen Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Caritas PSE dalam program pemulihannya. Rehabilitasi hanya merupakan sarana awal proses pemulihan adiksi narkoba dan nantinya akan kembali ke keluarga dan menjadi tanggung jawab masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, keluarga juga perlu diberikan edukasi tentang bagaimana menangani dan memperlakukan para residen setelah kembali ke keluarga maupun lingkungan.

Dalam kegiatan FSG ini materi yang diberikan adalah tentang Program After Care dan Parenting style. Peran dan dukungan dari keluarga adalah salah satu hal penting untuk mendukung proses pemulihan adiksi para residen, diharapkan dengan adanya kegiatan ini residen dan keluarga sama-sama bersinergi membantu proses pemulihan adiksi para residen dan diharapkan tidak kembali terjerumus pada penyalahgunaan obat-obatan terlarang.