FGD Persiapan Musrembangdes di Desa Motung dan Nagori Sibaganding

fgd 1FGD yang sedang berlangsung di Desa Motung

Caritaspse.or.id, Motung dan Sibaganding – Mengingat akan diadakannya Musrembangdes, oleh karena itu perlu diadakan persiapan apa saja aspirasi yang hendak disampaikan dalam Musrembangdes tersebut. Yayasan Caritas PSE KAM berinisiatif mendampingi beberapa elemen masyarakat seperti kelompok tani, karang taruna, pemerintah desa serta tokoh-tokoh masyarakat agar mereka dapat mengeluarkan aspirasinya masing-masing dan bagaimana mekanisme penyampaiannya saat Musrembangdes nanti.

Berdasarkan hal tersebut Yayasan Caritas PSE KAM menggelar Focus Group Discussion (FGD) terhadap elemen-elemen masyarakat yang sudah disebut diatas di dua desa, yaitu Desa Motung dan Nagori Sibaganding. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 4 dan 5 februari 2020 ini dipandu langsung oleh kepala desa masing-masing desa. Didalam kegiatan FGD ini dituliskan hal hal hal yang berkaitan dengan program optimalisasi desa wisata, khususnya penerima manfaat.

fgd 2FGD yang sedang berlangsung di Desa Sibaganding

Secara garis besar hasil dari FGD tersebut menghasilkan beberapa point seperti kemudahan mengakses permodalan usaha dari Bumdes, dapat memperluas wilayah budidaya bunga dan diizinkan memanfaatkan lahan tidur di desa masing-masing. Hal tersebut merupak harapan-harapan yang dapat disampaikan ketika Musrembangdes berlangsung, sehingga masyarakat di kedua desa tersebut semakin meningkat dari segi ekonomi mamupun keterampilannya.