Penyerahan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir Bandang Lau Baleng Kabupaten Karo

Banjir bandang yang terjadi di desa Lau Baleng Kabupaten Karo, pada hari Minggu 16 Desember 2018 memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat setempat. Untuk hal itu, Yayasan Caritas PSE KAM bersama mitra melakukan kegiatan cepat tanggap darurat dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada 268 Kepala Keluarga yang menjadi korban banjir bandang tersebut, termasuk di desa Tanjung Gunung dan desa Renun yang juga terkena dampak.

 

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di tiga lokasi yaitu Aula kantor kecamatan Lau Baleng, Losd desa Tanjung Gunung dan Losd desa Renun. penyerahan bantuan juga disaksikan oleh pastor paroki Lau Baleng yaitu Pastor Polce dan didampingi oleh pemerintah setempat pada hari Sabtu, 22 Desember 2018.

Harapan dari penyerahan bantuan ini adalah untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya pasca peristiwa banjir bandang tersebut. Sebelumnya, masyarakat desa Lau Baleng saling bergotong royong membersihkan rumah dan pekarangan mereka dari material yang terbawa banjir. Masyarakat desa yang tidak terkena banjir juga saling membantu menyediakan kebutuhan pangan untuk korban banjir disekitar mereka.

Kepala desa Lau Baleng Alexander Paranginangin yang turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut juga mengatakan bahwa pentingnya untuk menjaga keseimbangan alam. Kedepannya akan dilakukan kerjasama dan sosialisasi antara pemerintah desa dengan pihak-pihak terkait untuk mengadakan penghijauan kembali dengan menanam pohon produktif, agar kedepannya dapat berguna bagi masyarakat sekitar.