Caritas PSE Bekerjasama Dengan Donasi Pembaca Harian Kompas

ki

 

Tim Emergency Respon Caritas PSE KAM Bekerjasama Dengan Donasi Pembaca Harian Kompas Bagi Kelompok KLMTD (Kecil,Lemah,Miskin,Tersingkir dan Difabel)

Sehubungan dengan adanya Pandemi Global Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi di belahan dunia saat ini belum berakhir termasuk Sumatera Utara membuat masyarakat semakin resah dan khawatir akan terjangkit oleh penyakit tersebut. Kepanikan menghadapi pandemi Covid-19, tentu dialami oleh semua lapisan masyarakat, namun kemampuan menghadapinya berbeda-beda. Orang-orang yang memiliki kemampuan finansial  melakukan pembelian dan penimbunan barang sekehendak hati, tanpa mempertimbangkan dampak lanjutannya.  Sementara kelompok paling rentan atau mereka yang Kecil, Lemah, Miskin, Tersingkir dan Difabel (KLMTD) menerima dampak yang paling buruk atas kesenjangan sosial dan ekonomi ini. 

 

Munculnya wabah COVID-19 secara langsung mempengaruhi kondisi kehidupan ekonomi masyarakat. Masyarakat yang bekerja sebagai buruh atau karyawan juga terkena dampak akibat pemutusan hubungan kerja (PHK). Terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat dalam menjalankan usaha atau terjadinya PHK mengakibatkan terputusnya mata rantai sumber penghidupan masyarakat  sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kondisi ini sebagian besar dialami oleh masyarakat yang tergolong KLMTD (Kecil, Lemah, Miskin, Tersingkir dan Difabel).

Pada masa pandemi COVID-19 ini, Yayasan Caritas PSE KAM bekerjasama dengan  Donasi pembaca harian kompas melakukan upaya-upaya untuk membantu mereka (masyarakat kategori KLMTD). Bantuan yang diberikan berupa 100 paket sembako sembako (Beras 5 Kg, Minyak goreng 1 liter, Tepung, Gula 1 kg, Ikan kaleng, vitamin dan masker yang sifatnya hanya meringankan beban/biaya hidup untuk sementara waktu.