Cuaca Tidak Menentu, Hasil Panen Kentang Kurang Baik

panen kentang 1Hasil panen kentang kelompok sadar wisata Cerdas Sehati Desa Motung sebesar 1,5 Ton

Caritaspse.or.id, Motung – Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Cerdas Sehati Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir mendapatkan hasil panen yang kurang baik dari budidaya kentang di lahan percontohan mereka. Pemanenan yang dilakukan pada hari Senin, 3 Februari 2020 tersebut hanya menghasilkan 1,5 Ton dari 240 kg bibit yang ditanam.

Cuaca yang tidak menentu merupakan permasalahan utama dari hasil panen yang kurang baik tersebut. Harga beli dari petani pun menjadi rendah saat kondisi cuaca seperti sekarang ini. Selain itu, masih kurangnya perhatian dan kordinasi diantara anggota pokdarwis membuat budidaya kentang ini kurang maksimal. Hal ini juga dikarenakan baru pertama kalinya pokdarwis Cerdas Sehati melakukan budidaya kentang.

panen kentang 2Kegiatan panen kentang oleh anggota pokdarwis Cerdas Sehati

Pemanenan kentang dihadiri oleh para anggota pokdarwis Cerdas Sehati, Kepala desa Motung Gomgom Manurung, Kadus Joni F. Manurung, Ketua PKK Desa Motung serta Ketua PSE Paroki Parapat. Lokasi lahan percontohan ini terletak dibelakang hotel Patra Jasa Parapat.

Walaupun demikian, para anggota pokdarwis Cerdas Sehati akan tetap berusaha kedepannya menjadikan hasil panen lebih maksimal lagi berdasarkan arahan dan bimbingan dari Yayasan Caritas PSE KAM serta meningkatkan perhatian dan secara bergantian melakukan kegiatan di lahan percontohan mereka.