Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati di Desa Motung dan Nagori Sibaganding

pupuk 1Para peserta yang hadir diacara pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pestisida nabati di desa Motung dan Nagori Sibaganding

Caritaspse.or.id, Motung dan Sibaganding – Mengingat semakin sulitnya masyarakat mendapatkan pupuk bersubsidi dan harganya pun semakin meningkat maka Yayasan Caritas PSE KAM berinisiatif dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pestisida nabati kepada masyarakat di dua desa sekaligus, yaitu Nagori Sibaganding dan Desa Motung Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa. Masyarakat kiranya perlu diarahkan agar dapat menciptakan kebutuhan pertaniannya yang selaras dengan alam.

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 6 dan 7 Februari 2020 ini menghadirkan Efendi Sihombing dari Laboratorium Pengendalian Hama Penyakit Terpadu Pematang Kerasaan dan Robert Pangaribuan mantan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pematangsiantar. Materi yang diberikan kepada masyarakat di dua desa tersebut adalah pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL), Pestisida Nabati, Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), Pembuatan jamur Tricoderma, dan Pembuatan TRIBAC. Kegiatan ini dibagi kedalam dua bagian yaitu teori dan praktek.

pupuk 2Para peserta pelatihan sedang mendengarkan penjelasan dari Narasumber

Dilihat dari jumlah yang hadir dalam pelatihan ini menunjukan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal tersebut ditunjukan dengan hadirnya 41 peserta di Nagori Sibaganding dan 35 peserta di desa Motung. Masyarakat juga berpendapat bahwa materi pelatihan yang diberikan sangat mudah dipahami. Serta seluruh kebutuhan yang diperlukan tersedia di masyarakat dan sangat mudah dicari. masyarakat juga beranggapan bahwa selama ini belum pernah membuat hal tersebut. Oleh karena itu masyarakat yang hadir sepakat nantinya akan membuat seluruh produk diatas untuk kebutuhan pertaniannya masing-masing.