Pelatihan Kader Pertanian Budidaya Bunga Hias di Nagori Sibaganding dan Desa Motung

latih bunga 1Pelatihan budidaya bunga hias oleh pastor Sabat Nababan, Pr

Caritaspse.or.id, Sibaganding dan Motung – Beberapa waktu yang lalu Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Jaya Abadi dan Cerdas Sehati telah melakukan panen bunga krisan perdananya. Dengan hasil yang didapatkan dan kendala yang dialami oleh pokdarwis tersebut, Yayasan Caritas PSE KAM berinisiatif memberikan pelatihan budidaya bunga hias di dua desa, yaitu Nagori Sibaganding dan Desa Motung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program Optimalisasi Desa Wisata Kawasan Danau Toba.

Pada budidaya yang dikembangkan sebelumnya ternyata hasilnya mulai tersebar melalui sosial media ataupun melalui perorangan dan diharapkan kedepannya dapat berkembang dan masuk ke pasar yang lebih luas Pemerintah kedua desa tersebut juga sangat antusias dan mendukung adanya budidaya ini.

latih bunga 2

Kegiatan yang berlangsung tanggal 27 dan 28 Februari 2020 ini dihadiri oleh para anggota pokdarwis, pemerintah desa, pengurus PSE Paroki, dan staff Yayasan Caritas PSE yang bekerjasama dengan pastor RD Sabat Nababan Pr yang menjadi narasumbernya. Pastor Sabat Nababan merupakan penggiat pertanian selaras alam sekaligus Pastor Paroki Tomok.

Pastor Sabat Nababan memberikan pelatihan budidaya bunga hias yang cukup beragam, yaitu jenis kardiol,sedap malam, helbra, hosiang, bola hijau, pikok, aster, dan krisan. Pelatihan budidaya tersebut langsung dipraktekan oleh Pastor Sabat Nababan menggunakan bibit masing-masing jenis bunga yang telah disediakan. Penambahan jenis bunga hias ini diharapkan dapat memberikan keanekaragaman tanaman yang dibudidayakan oleh pokdarwis Jaya Abadi Nagori Sibaganding dan pokdarwis Cerdas Sehati Desa Motung.