Ajakan Untuk Menata Ekonomi Keluarga Katolik Secara Sehat dan Kreatif di Paroki Sakramen Maha Kudus Kisaran

paroki kisaran

RP. Markus Manurung sedang memberi materi tentang Penataan Ekonomi Keluarga Katolik secara sehat dan kreatif

Caritaspse.or.id, Kisaran - Dari program-program yang ditawarkan Yayasan Caritas PSE, Paroki Sakramen Maha Kudus Kisaran memilih 2 program. Program tersebut adalah Penataan Ekonomi Keluarga Katolik Secara Sehat dan Kreatif dan Pemanfaatan Lahan Sempit Secara Visioner, Profetis dan Profitis Serta Berdampak Pada Pendapatan. Seminar Program yang diadakan pada Senin, 9 Maret 2020 ini diikuti oleh 140 peserta yang merupakan utusan dari 24 Gereja Stasi se-paroki Sakramen Maha Kudus Kisaran.

Pastor Markus Manurung, OFMCap Direktur Yayasan Caritas PSE KAM yang memberi materi mengharapkan para peserta yang hadir untuk berani keluar dari zona nyaman dan merubah kebiasaan lama untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera agar sejalan dengan tema TPP Keuskupan Agung Medan tahun 2020, menata ekonomi keluarga harus mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Contoh lain yang disampaikan Pastor Markus seperti majunya perkembangan teknologi saat ini. Sebelum internet dikenal secara luas, tiap orang dan tiap keluarga belum membutuhkan pengeluaran untuk membei paket data, tetapi saat ini biaya untuk paket data internet masing-masing keluarga sudah merupakan kebutuhan pokok. Maka dari itu harapannya adalah agar umat Paroki Sakramen Maha Kudus untuk menata ekonomi secara sehat dan kreatif. Peserta juga diajak untuk memulai gerakan menanam dan beternak dangan cara memanfaatkan lahan sempit secara visioner, profetis dan profitis baik di areal pekarangan rumah maupun di ladang dengan sistem pertanian terpadu.

Kegiatan seminar ini berjalan dengan baik dan peserta yang mengikutinya sangat antusias. Pastor Danrisman Sitanggan OCarm selaku Pastor Paroki juga berharap, semoga melalui kegiatan ini umat Katolik di Paroki kisaran semakin kreatif dan tarap hidupnya semakin meningkat.