Pelayanan Tim Emergency Response Caritas PSE KAM Bagi Masyarakat Korban Banjir Bandang Aceh Tenggara

 

Pada tanggal 20 April-1 Juni 2017, Tim Emergency Response (ER) Caritas PSE KAM melakukan pelayanan bagi masyarakat terdampak banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara. Banjir yang terjadi pada Selasa sore 11 April 2017, menjelang maghrib yang menerjang 14 Desa di 2 Kecamatan, dan memporak-porandakan ± 514 rumah. Menewaskan 2 orang warga Desa Lawe Tua Gabungan yang hanyut terhempas banjir bandang. Selain merusak rumah warga, banjir bandang Aceh Tenggara ini juga membuat lumpuh 1 Masjid, dan 2 Gereja. Hal ini mengakibatkan sekitar 1784 jiwa terdampak bencana dan 1476 jiwa terpaksa harus mengungsi.



Dalam pelayanannya Tim ER Caritas PSE KAM bekerja sama dengan PSE paroki Lawe Desky. Penyerahan bantuan dilakukan dua tahap. Tahap pertama, meyerahkan perlengkapan dapur khusus bagi umat katolik yang mengalami dampak banjir bandang berjumlah 12 KK. Penyerahannya dilakukan di Gereja katolik stasi Kuta Tengah. Barang yang diserahkan antara lain: mangkuk, ember, piring plastic, dandang kecil, cangkir plastic,wajan/ kuali, periuk, ceret, sendok nasi, serta sendok goreng.

Tahap kedua, penyerahan bantuan berupa alat kebersihan bagi warga Desa Lawe Sigala Barat yang berjumlah 35 KK (139 jiwa) dan Desa Sigala Barat Jaya dengan jumlah 94 KK (339 jiwa). Total keseluruhan berjumlah 129 KK (415 jiwa). Kegiatan awal adalah menghimpun informasi data korban, kerusakan, kerugian material serta mencari tahu kebutuhan mendesak dari setiap warga. Barang bantuan yang diserahkan antara lain berupa alat kebersihan (ember, sapu, kain pel, gayung, brush kain, soklin lantai), barang sanitasi (sabun lifeboy, cream economi, shampoo lifeboy, sikat gigi, pasta gigi pepsodent, pembalut), perlengkapan bayi (shampoo baby, minyak telon, sabun baby, pempers) dan perlengkapan anak sekolah (tas,buku, alat tulis).

Monitoring juga dilakukan guna mengetahui kelengkapan paket yang diterima, mengetahui kepuasan penerima manfaat, sejauh mana barang yang diberikan bermanfaat atau sudah digunakan oleh masyarakat. Respon dari para warga bahwasanya barang yang mereka terima sangat bermanfaat bagi kebutuhan tiap keluarga. Mereka sangat mensyukuri bantuan tersebut, mengucapkan banyak terimakasih dan mengapresiasi pelayanan sosial Caritas PSE KAM bagi korban bencana alam banjir bandang. (JS)

 

|Galery Photo: Kegiatan Caritas PSE - KAM|