Rapat Anggota Tahunan (RAT) PELITAPLUS Paroki Pasar Merah 03 APRIL 2019

Salah satu ciri pengelolaan koperasi yang baik adalah terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tutup tahun buku.  RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi karena membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, membahas rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan biaya serta memutuskan hal-hal penting seperti pemilihan dan penetapan kepengurusan, perubahan Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga, aturan tambahan dan lain-lain.

 

Pada tanggal 03 April 2019, PELITAPLUS Paroki St. Paulus Pasar Merah Medan menyelenggarakan RAT Tahun Buku 2018. Penyelenggaraan RAT yang ke-6 sejak didirikan pada tahun 2012 yang lalu. RAT ini dihadiri oleh PLKM Kristofor CPSE KAM, Bapak Ferdinan Marpaung. Jumlah yang hadir sebanyak 105 orang yang terdiri dari ketua lingkungan, penghubung dan anggota. Pada kesempatan RAT ini, Bapak Ferdinan Marpaung memberikan masukan yakni:

  1. Perlunya kehati-hatian dalam mengelola pinjaman beredar, jangan sampai melewati batas 90% dari total aset, agar terhindar dari masalah likuiditas.
  2. Daftar nominatif simpanan dan pinjaman harus up to date setiap bulannya dan harus sesuai dengan jumlah simpanan dan pinjaman yang ada di neraca keuangan.
  3. Merekomendasikan agar Badan Pengurus segera menerapkan sistem pelaporan keuangan dengan aplikasi Software Akuntansi yang disediakan oleh PLKM.