Penyaluran Pinjaman Usaha Produktif Bagi Anggota Kelompok Dampingan

Caritas PSE Keuskupan Agung Medan menyalurkan pinjaman produktif melalui Koperasi Serba Usaha (KSU) Dolok Sion, Paroki St.Lusia Parlilitan sebesar Rp1.500.000/KK. Pinjaman tersebut diberikan kepada anggota kelompok dampingan program Tropical Forest Conservation Act for Sumatera (TFCA) yang berada di Kecamatan Pakkat dan Tarabintang. Pinjaman diberikan dalam bentuk natura (pupuk, bibit tanaman, bibit ternak, bibit ikan dan sarana penunjang usaha. Bunga yang dikenakan adalah 0.1% menurun dengan angsuran Rp75.000/bln. Penyaluran dilaksanakan sejak bulan Desember 2016.



Sebagian masyarakat menyambut baik pinjaman ini dan sangat berterimakasih kepada Caritas dan KSU, namun sebagian lagi kurang berminat dengan alasan sudah memiliki beberapa pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Ketua KSU Dolok Sion Johannes Situmorang mengatakan kiranya pinjaman tersebut dapat dipergunakan dengan tepat untuk membantu anggota kelompok dalam melakuakan usaha yang diminati. “Ini merupakan kesempatan yang sangat baik yang diberikan oleh Caritas PSE, jadi harap serius menggunakannya,” ujarnya.



Anggota kelompok dalam menjalankan usahanya, tetap didampingi oleh staf pendamping Caritas. Saat ini dari total 250 KK anggota kelompok dampingan masih sekitar 30% yang menerima pinjaman. Khusus di kelompok di Parmonangan, pinjaman yang diberikan adalah dalam bentuk uang . Untuk menghindari penggunaan yang tidak tepat, kepala desa Parmonangan menyampaikan bahwa beliau bisa menjamin anggota tersebut dalam penggunaan dan pengembaliannnya (BN).