Pendistribusian Bibit Produktif Bagi Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar hutan dari tanaman produktif, Caritas PSE KAM membagikan bibit kepada masyarakat di wilayah program. Selain manfaat ekonomi, kegiatan ini juga dilakukan untuk mendorong manfaat ekologis melalui kegiatan penanaman di lokasi masing-masing masyarakat.

Bibit yang diberikan kepada masyarakat yakni Mangga Harum Manis, Petai, Durian, Sirsak, dan Jengkol, dan Kopi, serta jenis Kaliandra. Bibit tersebut dijemput oleh masyarakat yang berminat di kantor unit pelayanan program TFCA di Laetoras pada bulan April 2017.

Masyarakat yang berminat berasal dari petani wilayah Tarabintang, Aekriman, dan Sibokkare. Jumlah bibit yang disalurkan sejak periode April 2017 berkisar 2.500 bibit.

Secara umum, bibit Mangga Harum Manis dan Jengkol merupakan bibit yang paling diminati masyarakat. Masyarakat umumnya lebih tertarik menanam bibit jengkol dibandingkan Petai, karena berdasarkan pengalaman mereka tanaman petai rusak pada saat lahan sekitar perakarannya dibersihkan (Rudi Simbolon, petani Tarabintang). Minat yang tinggi terhadap bibit Jengkol diakibatkan oleh masyarakat tidak mampu membibitkan jengkol dan sistem tebang pada saat memanen jengkol. Sedangkan bibit Mangga Harus Manis belum ada di Tarabintang dan sebelumnya masih sangat sedikit yang menanam tanaman Mangga di sekitar tempat tinggal masyarakat.

Pemberian bibit ini bagi masyarakat diharapkan mampu meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekaligus dalam rangka meningkatkan budaya menanam untuk menekan kerusakan lingkungan sekitar hutan.