Yayasan Caritas PSE Berhasil Menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Hutan Lindung

Humbang Hasudutan. (Kamis, 20/6/2019), Dusun Napasingkam adalah salah satu wilayah yang berada di desa Tara Bintang, Kabupaten Humbang Hasudutan. Uniknya, Dusun Napasingkam terletak di dalam kawasan hutan lindung toba barat. Hutan lindung tersebut menjadi sumber kehidupan utama bagi masyarakat di Napasingkam. Pemerintah pada akhirnya mengeluarkan izin usaha pemanfaatan hasil hutan dalam hutan kemasyarkatan yang disebut IUPHKm.

 Yayasan Caritas PSE bekerjasama dengan TFCA Sumatera dan KPH wilayah XII Tarutung menjalankan program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di HKM Napasingkam. Yayasan Caritas PSE selama 5 tahun memberikan pendampingan serta pelatihan-pelatihan kepada Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Napasingkam yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi warga dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada. Yayasan Caritas PSE memberikan pelatihan-pelatihan dibidang pertanian, perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan. Selama mendapatkan pendampingan dari Yayasan Caritas PSE, GAPOKTAN Napasingkam juga menerima bantuan pelatihan ternak lebah madu, bibit pinang sebanyak 20.000 pohon, hingga melakukan studi banding ke lampung.

Secara keseluruhan, tujuan utama yang ingin dicapai oleh Yayasan Caritas PSE beserta warga desa Napasingkam adalah menjadikan GAPOKTAN Napasingkam sebagai model percontohan hutan sosial dalam bentuk Hutan Kemasyarakatan untuk HKm-HKm lainya yang akan tumbuh.

Keberhasilan dari program yang telah berjalan 5 tahun ini dipublikasikan dalam bentuk Semi Lokakarya yang diadakan di Pendopo Kabupaten Humbang Hasudutan pada tanggal 20 Juni 2019. Walaupun program tersebut telah berakhir sesuai waktu kesepakatan, tetapi nantinya Yayasan Caritas PSE akan tetap memberikan pendampingan kepada GAPOKTAN Napasingkam hingga dapat mandiri. Hal tersebut berdasarkan keinginan warga Napasingkam yang masih perlu pendampingan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Moto dari program ini adalah “Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera”.