Penyuluhan Pertanian Dan Peternakan Secara Ekologis Di Paroki St.Yosef Delitua

Kegiatan Penyuluhan Pertanian dan Peternakan di Paroki St. Yosef Delitua diadakan pada hari Senin 01 Februari 2016 di aula Paroki Delitua, kegiatan ini di hadiri 92 orang peserta yang terdiri dari 5 Rayon meliputi Rayon Sibiru-biru 31 orang, Rayon penen 8 orang, Rayon Namorambe 26 orang, Rayon delitua 5 orang dan Rayon Talun Kenas 17 orang.

Kegiatan ini berlangsung dengan lanr selama satu hari di dampingi oleh P. Pascalis OFMCap Pastor Paroki Delitua dan PSE Paroki Ramli Tarigan (ketua PSE Paroki). Dalam kegiatan ini PSE Paroki Delitua sebelumnya sudah memprogramkan kegiatan pemberdayaan di tingkat Rayon dan tingkat se-Paroki Deli Tua melalui penyuluhan-penyuluhan yang akan mendatangkan team dari Caritas PSE Medan.

Caritas PSE Medan dari Divisi Ekora unit Livelihood langsung menanggapi program yang telah disusun di Matriks kerja Caritas 2016 melalui rapat Paripurna Caritas PSE pada bulan November 2015 di PPU KAM Karang Sari Pematangsiantar lewat laporan tahunan dan rencana kerja PSE se-Paroki Deli Tua. Rencana program tersebut ada beberapa poin dibidang pemberdayaan yang akan di adakan di Deli Tua, salah satunya penyuluhan pertanian dan peternakan Ekologis. Maka denga itu Caritas PSE Medan membawakan Materi Pertanian tentang Pembuatan Pupuk Kompos Padat dan Cair Organik dan Peternakan tentak Beternak Babi system Fermentasi. Sebelum masuk ke inti materi pembahasan Sr. Nicoline Banjarnahor KSFL membuat Hantaran yang berjudul Dampak Revolusi Hijau.

Kegiatan ini disambut hangat dan antusias oleh para peserta, Ketua PSE Paroki dan Pastor Paroki Deli Tua. Menurut pengakuan Pastor Paroki kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh pihak Paroki, maka segala biaya operasional dan komsumsi akan di tanggung oleh Paroki, harapan Pastor Paroki kegiatan ini semoga bisa meningkatkan pengetahuan umat dan bermanfaat baik di bidang Sosial maupun Ekonomi. Selanjutnya kegiatan ini akan di tindak lanjuti dengan praktek pembuatan pakan fermentasi di Rayon Namorambe dan pembuatan kompos padat dan cair di Rayon Talun Kenas.

Esok harinya tanggal 02 Februari 2016 kegiatan dilanjutakan kembali dengan praktek pembuatan pakan Fermentasi di Gereja Katolik Stasi St. Fransiskus Xaferuis Pasar Tiga Namorambe yang di hadiri 38 orang peserta. Setelah itu kegiatan praktek pembuatan pupuk kompos padat dan cair di laksanakan pada tanggal 03 Februari 2015 di Stasi St.Tarsisius Namopulih Rayon Talun Kenas yang di hadiri peserta berjumlah 45 orang.