Pelatihan Peternakan dan Pertanian Berbasis Ekologis di Kuasi Paroki St. Katarina Tiga Juhar

Caritas PSE KAM : Tiga Juhar berdiri sejak 11 Agustus 2011 sebagai Kuasi Paroki St. Katarina Tiga Juhar Kec. Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang dengan jumlah umat sekitar 4.800 an Jiwa terdiri dari 15 Gereja Stasi yang sebelumnya bergabung dengan Paroki St. Yoseph Delitua.

Caritas PSE KAM dari divisi Spiritualitas dan Ekora melakukan kunjungan pertama ke Kuasi Paroki Tiga Juhar untuk Survey lapangan lewat permohonan dana pinjaman pengadaan Ternak babi dan kambing pada tanggal 06 Juli 2015 Setelah menjadi Kuasi Paroki.

Sebelumnya umat Katolik se-Paroki belum pernah dikunjungi oleh Caritas PSE KAM dan mereka belum mengetahui apa saja program yang di kerjakan oleh PSE KAM. Sejak kunjungan itulah menjadi awal dan semangat PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi) di Kuasi Paroki Tiga Juhar mulai diperkenalkan. Pelan namun pasti umat Paroki Tiga Juhar semakin mengerti apa itu PSE dan mau menjalin kerja sama yang baik. Pada bulan Agustus 2015 Caritas PSE KAM mengabulkan permohonan kelompok ini untuk beternak babi dan kambing dengan harapan kelompok ini akan menjadi sebuah Pilot Project di Kuasi Paroki Tiga Juhar ini. Berdasarkan sharing dan evaluasi yang diadakan oleh Caritas PSE KAM pada hari Minggu 07 Februari 2016 bahwa Kelompok tani di kuasi ini semakin berkembang dan eksis. Mereka semakin semangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak Caritas PSE KAM seperti Perayaan HPS bulan Oktober 2015, Rapat Paripurna Caritas PSE bulan November 2015 dan Sosialisasi APP KAM bulan Februari 2016.

Kamis tgl 4 bulan Februari 2016, Caritas PSE dari divisi Ekora kembali melakukan kunjungan ke Kuasi Paroki Tiga Juhar sesuai dengan program (Matriks Caritas PSE 2016 ) yang telah disusun dalam Rapat Paripurna Caritas PSE KAM pada November 2015 di PPU Karang Sari Pematangsiantar. Dalam Matriks tersebut beberapa Paroki se-KAM akan di kunjungi oleh pihak Caritas PSE KAM termasuk Kuasi Paroki Tiga Juhar. Kehadiran Caritas PSE disambut hangat oleh DPP dan Pastor Paroki. Dalam kunjungan kali ini Caritas PSE memberikan beberapa penyuluhan Pertanian dan Peternakan berbasis ekologis baik di tingkat Paroki maupun di tingkat Stasi. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Kamis 04 Februari 2016 sampai dengan Selasa 09 Februari 2016. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan di beberapa tempat kami uraikan seperti di bawah ini:

  • Stasi Tanjung Raja Kamis 04 Februari 2016 melakukan kegiatan pembuatan kandang ternak babi fermentasi.
  • Tanggal 05-06 Februari 2016 kegiatan di lakukan di Stasi Rumah Sumbul melakukan pembuatan Pupuk Organik Padat dan Cair (PGPR, Kompos Padat, MOL, dan Pupuk Organik Cair).
  • Tanggal 6 Februari 2016 kunjungan ke stasi Durian Tinggung. Kegiatan yang dilakukan di sana adalah memperkenalkan siapa Caritas PSE KAM dan apa Visi dan Misinya, selain itu juga kami mempresentasikan program-program Caritas PSE khususnya Divisi Ekora bidang Livelihood. Umat yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang.
  • Minggu 07 Februari 2016 melakukan kegiatan pemaparan Teori Pembuatan Pupuk Kompos padat, Pupuk Cair, Baternak Babi dan Dampak Revolusi Hijau di Aula Paroki Tiga Juhar yang di hadiri para pengurus Gereja Stasi se-Paroki Tiga Juhar berjumlah 43 orang.
  • Minggu 07 Februari 2016 Pkl 20:00 WIB s/d Pkl 22: 00 WIB evaluasi dan sharing kelompok tani.
  • Senin 08 Februari 2016 melakukan praktek pembuatan pupuk organik cair, PGPR dan MOL (mikro organisme lokal) di Stasi Pangka Silo.
  • Selasa 09 Februari 2015 meninjau kembali pembuatan kandang ternak bersama Pastor Padyono OFM Conv ( Pastor Paroki Tiga Juhar) Demikian kegiatan ini di ahiri dengan makan bersama dan ucapan terimakasih dari Pastor Paroki dan DPP Kuasi Paroki Tiga Juhar kepada Caritas PSE KAM, setelah itu Team pulang meuju Medan