PSE Paroki Tebing Tinggi dan OMK Paroki Tebing Tinggi, Gelar Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Generasi Muda

(Tebing Tinggi, Caritas PSE KAM) Dewasa ini orang dan generasi muda pada umumnya melihat sebelah mata terhadap wirausaha, padahal berwirausaha banyak manfaatnya. Disisi lain peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas. Dari latar belakang inilah Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Tebing Tinggi dan OMK Paroki Tebing Tinggi serta Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tebing Tinggi menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Generasi Muda selama 2 hari yang diikuti oleh 21 orang peserta. Diklat Kewirausahaan ini menghadirkan narasumber dari Caritas PSE KAM dan sharing wirausaha dari OMK Paroki Tomok.

Diklat Kewirausahaan Generasi Muda ini dibuka Bpk. Esbon Sihombing, Bendahara DPP yang juga Ketua Pemuda Katolik Komcab Tebing Tinggi. Pada kesempatan ini, Kelompok Wirausaha OMK Tomok berbagi inspirasi dan membagikan ilmu berwirausaha Papan Bunga yang telah mereka tekuni 4 tahun belakangan. “Ini merupakan bentuk nyata dukungan dari kami OMK Tomok untuk kawan-kawan di OMK Paroki Tebing Tinggi”, ujar Ivana, juru bicara OMK Paroki Tomok“Jangan hanya berpikir, tapi lakukan” tegasnya.



Pelatihan ini diharapkan para generasi muda mempunyai kepercayaan diri dan optimistis dalam memulai usaha. Wirausaha adalah pilihan yang paling realistis saat ini di tengah minimnya lapangan pekerjaan di sektor industri.

PSE Paroki Tebing Tinggi berharap dengan pelatihan ini dapat menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan kepada peserta pelatihan, sehingga ke depan dapat memulai untuk berwirausaha. “Harapan kami nantinya dari sekian peserta ini harus ada yang mengimplementasikan ilmu yang didapat pada pelatihan ini,“ tegas PSE Paroki Tebing Tinggi.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai hari 21-22 Mei 2016. Selama pelatihan, peserta diberi materi animasi spiritualitas dari Bpk. Buha Simbolon (Caritas PSE KAM), motivasi usaha, kreatifitas, inovasi usaha, pemasaran, dan praktik pembuatan papan bunga yang dipandu oleh anak-anak muda OMK Paroki Tomok.

“Kami sangat senang sekali dengan adanya pelatihan ini, sehingga membuka wawasan baru tentang dunia kewirausahaan dan membuat kami berfikir bahwa berwirausaha itu sangat menjanjikan,” kata Ayulina Tamba salah satu peserta berasal dari Penggalangan. (Mas Anung)