Pelatihan Fasilitator Bisnis dan Pemasaran Produk Organik 29-31 Maret 2017 di Hotel Antares Medan

Tanggal 29-31 Maret 2017 Divisi Ekora Unit Livelihood (Sdra. Buha Simbolon dan Sr. Nicoline Banjanrnahor KSFL) mengikuti pelatihan Fasilitator Bisnis dan Pemasaran Produk Organik. Kegiatan ini diselenggarakan oleh AOI (Aliansi Organik Indonesia). Lembaga ini berpusat di Bogor Indonesia. AOI merupakan perkumpulan berbasis keanggotaan yang bertujuan untuk memperkuat dan memajukan gerakan pertanian organik dan fair trade di Indonesia, khususnya melalui pemberdayaan petani kecil melalui penguatan kelembagaan dan manajemen mutu produksi sehingga dapat mengakses pasar dengan lebih baik. Anggota AOI berlatarbelakang peneliti, akademisi, swasta, koperasi tani, organisasi tani, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun individu yng berasal dari Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Caritas PSE KAM juga merupakan anggota AOI Regio Sumatera.

Tantangan yang paling utama adalah bagaimana mengubah pola pikir (mind set) para petani dan pola tindakan untuk menjadikan usaha taninya sebagai bisnis yang harus menguntungkan dan mampu mencukupi kebutuhan keluarganya sehingga dapat hidup layak dan sejahtera. Selain itu, kecerdasan finansial/keuangan para petani harus terus ditingkatkan sehingga dapat mengelola pendapatannya dengan baik dan mampu menambah asset/kekayaan yang dimilikinya dengan menyisihkan sebagian pendapatannya.

Sehubungan dengan situasi di atas, AOI berinisiatif untuk mengadakan pelatihan Fasilitator Bisnis yang dapat menjadi penghubung bagi kelompok petani kecil untuk dapat mengakses pasar yang lebih luas serta mengembangkan bisnis para petani dalam kelompoknya khususnya bagi anggota AOI di wilayah/region Sumatera.
Adapun Tujuan dari kegiatan ini adalah sbb :
1. Membangun kemampuan fasilitator pengembangan bisnis dan pemasaran peserta untuk kelompok produsen (petani).
2. Meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai cara pengembangan bisnis.
3. Membangun kesepakatan bersama tentang rencana tindak lanjut dari pelatihan.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah
1. Terbangunnya pemahaman dan harapan peserta mengenai cara dan strategi pengembangan bisnis dan pemasaran di tingkat lokal, regional dan eksport bagi kelompok produsen (petani)
2. Keikutsertaan peserta kegiatan dari 22 anggota AOI region Sumatera
3. Terbangunnya kesepakatan dan rencana tindak lanjut pasca pelatihan
4. Terbangunnya hubungan baik dan proses kerjasama yang terjalin antara kelompok petani dengan pihak eksternal dalam pengembangan bisnisnya .