Kegiatan Ekora Unit Livelihood Di Paroki St. Maria dari Gunung Karmel Tiga Lingga, 8-10 Mei 2017

Kegiatan Yayasan Caritas PSE KAM (YCPSE KAM) divisi Ekora dari unit Livelihood di Paroki St. Maria dari Gunung Karmel Tiga Lingga dilakukan mulai tanggal 08 Mei sampai 11 mei 2017. Kegiatan ini merupakan hasil rapat Paripurna YCPSE KAM di PPU Karang Sari Pematangsiantar pada bulan november 2016 yang lalu dan sudah dimasukkan dalam matriks tahunan YCPSE KAM 2017. Dalam kegiatan ini ada dua aktifitas yang dilakukan oleh divisi ekora yakni: animasi motivasi dan pemberdayaan masyarakat berbasis asset atau sering disebut ABCD (Asset Bassed Community Development) dimana masyarakat diarahkan menggunakan aset yang ada serta bersifat terarah dan ekologis.

Dari hasil pengamatan Divisi Ekora unit Livelihood bahwa kegiatan ini cukup bagus untuk diaplikasikan kepada umat/masyarakat yang ada diwilayah dampingan PSE Paroki Tiga Lingga karena mempunnyai potensi untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

Ada tiga kelompok basis yang di kunjungi yakni :

1. Stasi Sumbul Karo

Pada tanggal 08 Mei 2017 divisi ekora berdiskusi bersama umat Stasi yang di hadiri peserta sejumlah 19 orang dan di dampingi oleh Pastor Manaek Sinaga Ocarm selaku Pastor Rekan. Dalam diskusi ini ada kesepakatan bersama dalam pengembangan pertanian ekologis melalui pembentukan kelompok basis yang akan terus di pantau oleh seksi PSE Paroki serta akan dimulai pada awal bulan Juli 2017.

2. Stasi Lau Pamulutan

Pertemuan bersama kelompok tani di Stasi Lau Pamulutan dihadiri peserta 25 orang dan didampingi oleh team dari Paroki Tiga Lingga, Pastor Manaek dan Bapak Toni Prendus Gurning. Menurut Bapak Toni Prendus Gurning selaku ketua PSE Paroki Tiga Lingga menyatakan bahwa Stasi Lau Pamulutan sudah memulai kegiatan berkelompok mulai Oktober 2016 dan menurut hasil diskusi bersama anggota kelompok pada tanggal 09 Mei 2017 bahwa kelompok tani di Stasi Lau Pamulutan sudah 4 (empat) kali berturut-turut melakukan gotong royong untuk membuat kompos padat dan sudah melakukan pertemuan rutin sebulan sekali di Stasi Lau Pamulutan.

3. Kelompok Basis OMK Paroki

Pada tanggal 10 Mei 2017 divisi Ekora dari unit Livelihood melakukan diskusi bersama dan di hadiri oleh DPH OMK (Dewan Pengurus Harian Orang Muda Katolik) se-Paroki Tiga Lingga untuk membicarakan hal apa saja yang bisa dilakukan oleh OMK untuk meningkatkan kebersamaan dalam Organisasi OMK. Dalam diskusi ini OMK Paroki Tiga Lingga memutuskan lewat dampingan seksi PSE Paroki akan membuat semacam usaha mikro yakni memproduksi beberapa jenis sabun cair. Dari hasil diskusi bahwa dengan adanya usaha mikro ini dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing OMK dalam dunia kerja, dimana OMK Paroki memproduksi dan memasarkan sendiri hasil produksinya dengan memanfaatkan jaringan atau berjejaring bersama antar OMK Paroki dan Umat setiap Stasi se-Paroki Tigalingga.